
PERURI CERTIFICATE AUTHORITY
Peruri adalah Penyelenggara Sertifikat Elektronik yang sudah tersertifikasi menurut SK nomor 790 tahun 2019
Kelebihan Peruri sebagai PSrE adalah
- Merupakan Identitas Nasional
- Merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara
- Merupakan perusahaan yang dikenal sebagai pencetak produk dengan keamanan tertinggi ( Uang Kertas dan Dokumen Keamanan )
Sertifikat Elektronik
Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan Identitas yang menunjukkan status subyek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik sehingga dokumen elektronik yang ditransaksikan dapat diketahui keabsahan dan keasliannya

Integritas Data
Memastikan bahwa informasi tidak diubah / dimodifikasi selama penyimpanan atau pada saat dikirimkan

Otentikasi
Memastikan bahwa informasi dikirimkan dan diterima oleh pihak yang benar (keaslian pengirim / penerima informasi)

Nirsangkal
Memastikan bahwa pemilik informasi tidak dapat menyangkal bahwa informasi tersebut adalah miliknya atau telah disahkan olehnya
Manfaat Tanda Tangan Digital Peruri
SMART
Process Simplicity
Creatively Efficient
Lean and agile
Platform based
API based
SECURE
Brand Protection
Anti-Counterfeit
Anti-Smuggling
TRUST
National Identity
48th Experienced in High Security
Third Party Trusted
Certified People
Best in Class Infrastructure
Sertifikasi Kami









Soal Sering Ditanya (SSD)
-
Apakah yang dimaksud dengan Sertifikat Elektronik?
Sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan Identitas yang menunjukkan status subject hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik sehingga dokumen elektronik yang ditransaksikan dapat diketahuai keabsahan dan keasliannya (kerahasiaan, integritas data, otentikasi dan nirsangkal).
-
Apakah fungsi dari Sertifikat Elektronik?
Sebagai alat autentifikasi dan verifikasi atas identitas penandatangan dan keutuhan dan keautentikan informasi elektronik.
-
Bagaimana cara saya mendapatkan Sertifikat Elektronik?
Anda dapat langsung menghubungi email depmarketing@peruri.co.id
-
Mengapa permohonan pendaftaran sertifikat elektronik saya ditolak?
Hal ini bisa dikarenakan saat verifikasi data pemohon tidak sesuai dengan data pada saat pendaftaran melalui website atau mobile aplikasi.
-
Berapa lama waktu yang dibutuhkan dari saat saya melakukan pendaftaran sampai menerima validasi melalui email?
Dihitung dari pemohon melakukan Registration Authority (RA) secara tatap muka. Proses verifikasi data memerlukan waktu 1 x 24 jam.
-
Mengapa saya tidak dapat menggunakan Sertifikat Elektronik saya?
Hal ini bisa dikarenakan, koneksi antara pengguna dan server terputus atau dikarenakan masa berlaku Sertifikat Elektronik telah habis.
-
Apakah Sertifikat Elektronik memiliki masa berlaku?
Sertifikat Elektronik memiliki masa berlaku 1 tahun setelah sertifikat diterbitkan.
-
Bagaimana cara melakukan verifikasi dan validasi keaslian sertifikat elektronik?
-
Apa yang harus saya lakukan jika Sertifikat Elektronik saya hilang?
Melakukan pengecekan pada email dari Peruri CA terkait penerbitan Sertifikat Elektronik.
-
Bagaimana cara untuk mencabut sertifikat saya?
- Pengajuan permohonan pencabutan sertifikat elektronik dapat dilakukan melalui dua cara datang langsung / offline dan pengajuan melalui email
- Datang langsung / Offline :
- Mengisi formulir permohonan pencabutan sertifikat elektronik yang didapatkan dengan menghubungi cs.digital@peruri.co.id
- Mendatangi Kantor SBU Digital Peruri di Jl Palatehan No.4, Blok K-V, Kebayoran Baru, Jakarta
- Menemui Verifikator tim dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan.
- Melalui email / Online :
- Mengisi formulir permohonan pencabutan sertifikat elektronik yang didapatkan dengan menghubungi cs.digital@peruri.co.id
- Bubuhkan tanda tangan digital pada formulir permohonan pencabutan sertifikat elektronik yang telah diisi.
- Mengirimkan formulir ke email cs.digital@peruri.co.id
- Proses pencabutan sertifikat elektronik dan notifikasi akan dikirimkan ke email pemilik sertifikat elektronik dalam waktu 1 x 24 jam.
-
Bagaimana cara mengkonfirmasi bahwa sertifikat elektronik telah diterima?
- Konfirmasi penerimaan sertifikat elektronik dapat dilakukan melalui dua cara yaitu melalui email dan website.
- Melalui email:
- Melakukan pengecekan email.
- Melakukan klik pada tombol receive yang ada pada email.
-
Bagaimana cara melakukan pembaruan sertifikat elektronik?
- Pembaruan sertifikat elektronik dapat dilakukan melalui portal atau melalui email
- Melalui portal:
- Akses portal sesuai dengan organisasi terdaftar.
- Pop up notifikasi perpanjangan sertifikat elektronik muncul.
- Klik renewal.
- Melalui email:
- Menghubungi contact center peruri di cs.digital@peruri.co.id .
- Melalui portal:
- Selesai dan notifikasi pembaruan sertifikat elektronik akan dikirimkan ke email Anda dalam waktu maksimal 7 hari.
- Pembaruan sertifikat elektronik dapat dilakukan melalui portal atau melalui email